Skip to content

RENCANA PENGUATAN RAKYAT BEDAH APBD

1 April, 2007

Salah satu kebutuhan pokok masyarakat adalah pelayanan public yang berkualitas. Partisipasi masyarakat dalam penganggaran adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan public yang ada. Untuk itu, strategi untuk mengatasi ketertutupan dalam proses penganggaran dan keterbatasan kemampuan masyarakat berpartisipasi sangat diperlukan (fes).

Keinginan masyarakat di Tobasa untuk melakukan kontrol dan pembahasan RAPBD sudah terwacana sejak tahun 2005 melalui diskusi informal dengan berbagai lembaga separti Himpunan Intelektual Tobasa (HITA) dan Suara Rakyat Toba (SURTA). Menyadari kemampuan teknis dan materi dalam melakukan pembedahan RAPBD ini menjadi kendala pelaksanaan control public itu.

Setelah membaca buku Panduan Praktis Mengontrol APBD dan seri pelatihan No. 5 Pelayanan Publik sebagai Perwujudan Demokrasi Sehari-Hari, Dasar-Dasar Pembiayaan dan Anggaran yang diterbitkan Friedrich Ebert Stiftung, keinginan itu muncul kembali

Untuk membuka mata seluruh pihak tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam rangka melakukan control dalam pembiayaan pembangunan daerah, dan dalam rangka penyusunan suatu agenda bersama secara terpadu dan komprehensif diperlukan suatu langkah awal yakni mengetahui lebih dahulu Dasar Pembiayaan dan Anggaran.

Dalam rangka itu perlu dilakukan suatu pelatihan untuk fasilitator (TOT) agar tersedia fasilitator untuk melatih 10 orang dari setiap kecamatan dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Toba Samosir. Dengan demikian tersedia 160 orang terlatih melakukan bedah APBD untuk selanjutnya melakukan penyusunan agenda dengan melibatkan seluruh pihak terkait

Kesediaan Lembaga Donor untuk membantu pelaksanaan studi kasus dan penelitian kiranya akan semakin menyadarkan betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam melakukan control dalam penyusunan dan penggunaan anggaran pembangunan di Kabupaten Toba Samosir. Sehingga dengan demikian akan tercipta suasana kepedulian masyarakat yang dinamis dan berkualitas.
Program ini dimaksudkan untuk menghimbau kepedulian seluruh komponen yang ada di kawasan Toba Samosir untuk memberikan peran dan dukungan dalam upaya/rencana tersebut di atas. Sehingga diharapkan menjadi langkah awal dimulainya suatu gerakan bersama mengatasi masalah-masalah yang muncul di kemudian hari.

TUJUAN

Masyarakat mengetahui besaran masalah tentang penyusunan anggaran dan penggunaannya yang berpihak kepada rakyat di Kabupaten Toba Samosir Tahun 2007.
Melalui sebuah pelatihan yang terarah diharapkan peserta :
1 Mengetahui teknis penyusunan anggaran dan teknis melakukan kontrol pembiayaan pembangunan.
2. Adanya kader terlatih dan memiliki kompetensi penyusunan anggaran yangt berpihak kepada rakyat banyak.
3. Menggerakkan kemampuan dan kemauan masyarakat melakukan control yang aktif dan berkualitas.
4. Terbentuk organisassi rakyat yang mau dan mampu melakukan kontol terhadap program kerja eksekutif dan legislatif.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: