Skip to content

PROGRAM PAMITA PENANGGULANGAN HIV/ADS

1 April, 2007

Pada tahap pertama, pemetaan masalah melalui suatu studi kasus dan penelitian, sehingga akan tersusun gambaran yang jelas mengenai besarnya ancaman yang sedang dihadapi masyarakat. Gambaran yang jelas dan informasi yang akurat akan menjadi awal dilakukannya upaya penyadaran dan pengorganisasian masyarakat dan komponen terkait lainnya sehingga mampu menyusun agenda kerja bersama jangka pendek maupun jangka panjang.

Agenda kerja yang disusun secara sistematis dengan pendekatan ‘bottom up’ akan mengikat komitmen masyarakat dan pemerintah sehingga realisasi upaya penanggulangan masalah akan terlaksana secara konsisten yang akan mendorong terjadinya perubahan-perubahan yang positif baik dalam sistem, nilai dan perilaku yang akan mencegah perluasan masalah ke tingkat yang lebih parah.

Pada tahap kedua, identifikasi kebutuhan-kebutuhan lanjutan baik dari masyarakat dan pemerintah serta komponen terkait lainnya agar kesinambungan upaya pencegahan dan penanggulangan akibat penyalahgunaan narkoba dan berjangkitnya HIV/AIDS dapat tetap terlaksana dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia selama masalah tersebut masih ada

Tujuan Umum : Masyarakat bersama-sama pemerintah memiliki komitmen dan inisiatif melaksanakan tindakan nyata, secara sistematis dan komprehensif untuk menanggulangi masalah-masalah di bidang sosial, ekonomi dan kesehatan akibat penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS di Kabupaten Toba Samosir.

Tujuan Khusus :

1. Menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh tindakan penyalahgunaan narkoba dan berjangkitnya HIV/AIDS.

2. Mempromosikan sistem, nilai dan perilaku sehat kepada masyarakat untuk mencegah meningkatnya ancaman dibidang sosial (ketertiban umum), ekonomi dan kesehatan (penyebaran penyakit) yang diakibatkan oleh tindakan penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS

3. Mendorong partisipasi rakyat dan berbagai pihak berkepentingan melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan akibat penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS secara swadaya dalam berbagai bentuk yang positif dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

4. Meningkatkan dan mengoptimalisasi kapasitas institusi dan aparat pemerintah melakukan upaya penanggulangan masalah-masalah akibat penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS sesuai dengan tugas masing-masing.

5. Merintis terlaksananya program rehabilitasi yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pencandu narkoba dan HIV/AIDS di Kabupaten Toba Samosir.

Justifikasi

Di wilayah Kabupaten Toba Samosir peningkatan jumlah kasus penyalahgunaan narkoba (heroin/putaw) cenderung tidak bisa dipisahkan dari meningkatnya jumlah kasus HIV positif. Dikhawatirkan dalam waktu singkat apabila tidak ditangani secara serius masalah ini akan semakin parah dan menimbulkan ekses yang sangat merugikan rakyat.

Oleh karena itu masalah penyalahgunan narkoba di Kabupaten Toba Samosir menjadi isu sosial yang amat perlu direspon segera oleh masyarakat, pemerintah dan seluruh pihak terkait. Dari kasus yang dinyatakan menderita HIV positif ternyata tidak semuanya pencandu narkoba. Itu berarti telah terjadi penularan penyakit kepada orang-orang yang tidak ada sangkut pautnya dengan masalah kecanduan narkoba.
Namun masih terhambatnya akses masyarakat terhadap informasi walau diakui sudah mulai terlihat kemauan dan komitmen politik pemerintah untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan akselerasi upaya-upaya pencegahan dan penggulangan ancaman di bidang sosial, ekonomi dan kesehatan akibat penyalahgunaan narkoba dan berjangkitnya HIV/AIDS.
Oleh karena itu hal yang dirasakan mendesak adalah bagaimana masyarakat dan pemerintah Kabupaten Tobasa diberdayakan secara sistematis agar memiliki kesadaran, kepedulian, dan kapasitas melakukan tindakan-tindakan yang dirasa perlu.

Upaya pemberdayaan sistematis itu meliputi upaya pemenuhan informasi dalam rangka membangun komunikasi, upaya pengorganisasian rakyat dalam rangka membangun inisiatif dan kemandirian, upaya peningkatan komitmen dan kapasitas aparat pemerintah agar bersama-sama melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan sehingga dapat meminimalisasi ancaman akibat penyalahgunaan narkoba dan pada gilirannya akan menimbulkan rasa aman bagi masyarakat

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: